Minggu, 06 November 2016

cara merawat dan menanam tanaman hias

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias dalam Pot



Advertisement
Tanaman hias dalam pot – Mempercantik rumah mungkin menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap orang agar tetap memiliki rasa nyaman untuk tinggalatau menetap di rumah. Hal ini penting dilakukan karena rumah merupakan tempat kita untuk beristirahat dari aktivitas kerja harian. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk mempercantik rumah adalah dengan menanam tanaman di taman atau kebun di rumah agar rumah tampak lebih hijau sehingga akan mendatangkan suasana yang sejuk dan tenang.
Menanam pohon ditaman atau kebun rumah mungkin menjadi pilihan utama, dikarenakan seperti yang sudah banyak kita ketahui bersama bahwa pohon merupakan sumber oksigen bagi kita. Namun, bagaimana jika taman atau kebun kita hanya merupakan area yang sempit atau terbatas? kita pastinya tidak bisa menanam pohon yang mungkin ukurannya cukup besar. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa alternatif mulai dari menggunakan media polybag, pot, atau bahkan saat ini sudah bisa menggunakan media tanam yang terbuat dari air.
tanaman-hias-bunga-dalam-pot

Advertisement
Tanaman hias bunga dalam pot
Kebanyakan tanaman yang dapat ditanam pada media atau lahan yang terbatas adalah tanaman hias. Selain memiliki banyak manfaat juga dapat mempercatik tampilan rumah anda. Nah, pada artikel kali ini tanamanhiasan.com akan membahas mengenai Cara menanam dan merawat tanaman hias dalam pot secara benar

Cara Menanam Tanaman Hias Dalam Pot

Ada beberapa tahapan penting yang anda harus lakukan sebelum memulai menanam tanaman hias dalam pot, berikut ulasannya:
  1. Langkah pertama, anda harus menyediakan medianya tentunya yakni sebuah pot. Baiknya periksa apakah dibawah pot sudah terdapat sebuah lubang untuk drainase, jika belum sebaiknya anda lubangi. Lubang tersebut berfungsi sebagai saluran air, sebaiknya anda beri 3-5 lubang. Selain itu perhatikan pula ukuran potnya, ukuran pot harus sesuai dengan jenis dan ukuran tanaman.
  2. Setelah itu berikan batu kerikil, kemudian lapisi dengan ijuk.
  3. Setalah diberi ijuk dan kerikil, masukkan media tanamnya sekitar 1/3 dari pot, media tanam baiknya merupakan campuran tanah, pupuk kompos dan pasir.
  4. Setalh itu masukkan tanaman yang ingin di tanam.
  5. Setelah tanaman masuk ke dalam pot, tutup dengan media tanam yang tersisa dan padatkan. Usahakan untuk tidak mengisi pot sampai penuh. Beri sedikitnya sisa 2 cm agar saat disiram air tidak meluber. Jangan lupa bersihkan kotoran-kotoran yang menempel di dinding luar pot agar tanaman dalam pot terlihat lebih cantik.
  6. Selain pemiliha pot yang benar dan tepat, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah penempatan posisi pot. Beberapa jenis tanaman hias harus mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, oleh karenanya letakkan pot pada posisi yang tepat.

Cara Merawat Tanaman Hias dalam Pot

Setalah menanam tanaman hias dalam pot, tentunya dibutuhkan perlakuan khusus atau perawatan yang baik agar tanaman hias yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik, berikut beberapa cara untuk merawat tanaman hias dalam pot.
tanaman-hias-daun-dalam-pot
Tanaman hias daun dalam pot
1.Penyiraman atau Pengairan
Ada dua teknik untuk melakukan penyiraman pada tanaman hias dalam pot.
  • Pertama, dengan melakukan penyiraman secara langsung Pada cara ini air dapat disiramkan langsung pada permukaan media tanam atau juga dapat melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai tanaman secara langsung.
  • Cara kedua dengan memberikan air pada alas pot, dengan cara ini air akan meresap ke atas ke media tanam melalui sistem kapiler.  Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin. Untuk membantu peresapan air ke media tanam sebaiknya dipasang tali dari media ke alas pot melewati lubang drainase.
Penyiraman yang baik sebaiknya dilakukan antara pukul 7-10 pagi, atau pada saat sore hari. Air yang disiramkan juga harus diperhatikan, karena jika takaran siraman air yang diberikan terlalu banyak maka tanaman hias akan mengalami pembusukan akar.
Untuk mengetahui kadar air tanaman, kita bisa melakukan tes. Caranya dengan menggunakan tangkai lidi yang ditusukkan ke dalam tanah. Kedalamannya berkisar 5-7 cm. Jika kering sebaiknya disiram kembali.
2. Pemupukan
Tanaman hias juga membutuhkab pemupukan, agar menjaga nutrisi yang diserapnya sehingga dapat tumbuh dengan subur. Untuk tanaman hias bungan usahakn satu bulan sekali diberi pupuk NPK atau bisa juga dengan Plant Catalyst 2006 pupuk pelengkap yang mengandung unsur hara lengkap (makro + mikro). Merupakan katalisator dan berperan dalam mengefektifkkan serta mengoptimalkan tanaman menyerap pupuk-pupuk utama dari dalam tanah dan dari pupuk dasar (urea, SP-36, KCl, ZA, pupuk kandang).
3. Membersihkan Daun
Cara sederhana namun sangat penting untuk anda lakukan untuk merawat tanaman hias adalah dengan rutin melakukan pembersihan daun atau tangkai yang mengalami keguguran setiap 2 minggu sekali. Hal tersebut selain dapat membantu meningkatkan kesuburan tanaman juga dapat menjaga keindahan tanaman hias anda.
Mungkin sekian pembahasan kali ini mengenai Cara menanam dan merawat tanaman hias dalam pot, semoga informasi yang kami berikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda yang gemar memperindah rumahnya dengan berbagai macam tanaman hias.

Advertisement

Tanaman Hias

    cara tanam dan perawatan yang benar 10 tanaman hias, cara menanam berbagai tumbuhan, cara menanam bunga hijau d pot gantung, Cara menanam tanaman di dalam pot, menanam tanaman hias, bercocok tanam bunga dalam polibag, ceritakan cara pemeliharaan tanaman hias dalam pot, cara memelihara tanaman hias, cara membudidayakan singkat tanaman hias, bercocok tanam bunga,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar